Kamis, 17 Maret 2016

Acara Pelantikan Pramuka SMP Labschool Jakarta 2016



Pada tanggal 27 Februari 2016, SMP Labschool Jakarta mengadakan pelantikan pramuka untuk angkatan 24 Kelas 7 di stidio alam TVRI, Depok, Jawa Barat. Acara ini tidak hanya diikuti oleh kelas 7 saja, tetapi juga beberapa kakak kelas 8, seperti kak Asya 8F, kak Rama 8E, dan kak Rizka 8A. Khusus untuk saya membawa buku catatan, karena saya mendapat tugas untuk membuat artikel pelantikan pramuka pada majalah GEMA edisi mendatang.

Pada hari ini, kami harus berangkat paling telat pukul 06:00 WIB karena kami akan memulai apel pemberangkatan pukul 06:30 WIB. Sudah harus berangkat dan bangun lebih awal, semua logo yang sudah diberikan, harus dijahit, harus lengkap lagi peralatan yang dibawa, seperti tongkat (sudah dicat), buku SKU (Syarat Kecakapan Umum), bendera semaphore, tikar (per kelompok), tali koor merah (untuk pundak) dan tali koor putih (untuk tandu). Kami berangkat ke studio alam TVRI di depok pukul 07:00 WIB menggunakan tronton (seperti SAKSI) dan tiba disana sekitar pukul 09:00 WIB. Setiap tronton, isinya 4 sampai 5 regu dan regu saya mendapatkan tronton 1. Ketika tiba, kami disambut dengan beberapa kerbau yang digiring ke kandang dan dua ekor kuda yang sedang makan rumput.

Pada pukul 09:40 WIB, kami diminta mengisi 4 soal mengenai pramuka. Pada pukul 10:00 WIB, kami mulai penjelajahan di hutan liar. Ditengah perjalanan, kami akan menemukan 4 pos. Jika mau melanjutkan penjelajahan, kami harus menyelesaikan soal yang diberikan oleh tiap pos. Yang pasti, soalnya ada kaitannya dengan peralatan yang kita bawa, kecuali tongkat. Bagian yang membuat saya kesal adalah kalau perempuan boleh membawa tas, sedangkan laki-laki tasnya harus ditinggal. Jadinya, saya merasa kesulitan membawa peralatan masing-masing dengan 2 tangan.

Pos 1 berkaitan dengan kode kehormatan (trisatya + dasadarma). Pos 2 berkaitan dengan kode semaphore. Pos 3 dan 4 berkaitan dengan simpul tali. Bedanya adalah kalau pos 3 soal-nya yaitu membuat tandu dengan  dua tali koor dan dua tongkat, sedangkan kalau pos 4 soal-nya adalah pengetesan tandu yang telah dibuat pada pos 3 dengan cara diambil 1 orang dari masing-masing regu menjadi korban yang digendong dan sisanya menggendong orang tersebut kemudian melewati rintangan yang memerlukan kekompakan dan kerjasama.

O iya, disini kalian bisa menemukan semut Rangrang, semut Panda, dan kodok Jingga. Setelah menjelajahi hutan liar, kami makan siang dan sholat (bagi yang muslim) pukul 13:00 WIB. Pada pukul 14:00 WIB, kami memulai apel pelantikan sampai pukul 15:40 WIB. Setelah selesai apel, kami diberi tugas untuk membuat cerita tentang pelantikan pramuka yang baru kita laksanakan dan dikumpulkan 4 hari kemudian. Kebetulan, saya diberi tugas yang sama oleh majalah GEMA. Setelah itu, kami naik tronton lagi untuk kembali ke Labschool tercinta kami, dan tiba disana pada pukul 17:10 WIB.

Kesan saya dari acara ini adalah seru, bisa menemukan sesuatu yang baru, serta membuat kita dapat kompak dan disiplin. Pesan saya adalah semoga tahun depan, acaranya lebih tertib dan tambah menantang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar