Sabtu, 09 April 2016

Acara Pramuka Camp SMP Labschool Jakarta 2016

Pada tanggal 08 sampai 09 Februari, SMP Labschool Jakarta mengadakan Pramuka Camp di Mekarsari, Cileungsi, Cibubur, Jawa Barat. Kami memulai Apel pemberangkatan pukul 06:40 WIB dan berangkat pukul 07:10 WIB. Kita tiba di Mekarsari pukul 09:10 WIB. Lalu, kita diberi waktu 20 menit untuk beristirahat sejenak di tenda. Saya berada di tenda 2. Pada pukul 09:30 WIB,kami dikumpulkan dan ketua regu disuruh menghitung angka 1 - 5 yang nantinya akan dibuat 5 kelompok.
Regu saya mendapatkan angka 2 dan jadinya, regu saya ada di kelompok 2. Kemudian, kami disuruh untuk membuat sandang tongkat yang terbuat dari tali koor warna putih dan tongkat pramuka milik kami. Sandang tongkat adalah salah satu cara membawa tongkat pramuka dengan cara digendong (seperti tas). Setelah selesai, kami disuruh memberdirikan tongkat ketua regu dengan cara disilangkan satu sama lain (dalam 1 regu). O iya, pada saat inilah kami menemukan kodok, kaki seribu dan semut bakau.

Setelah itu, kaum laki-laki melaksanakan sholat Jum'at dengan khotibnya pak Dedi dan imamnya pak Asdi serta kaum perempuan melaksanakan sholat Dzuhur setelah sholat Jum'at selesai. Terus, kami makan semi-komando. Makan semi-komando sama seperti makan komando, tetapi tidak full. Kemudian, kami beristirahat di tenda sampai ada pengumuman. Lalu, ada pengumuman dari panitia yang menyuruh kita sholat Ashar di tenda masing - masing karena situasi sedang hujan. Untunglah, kami membawa jas hujan ketika berwudhu sehingga kami tidak 'basah-basahan' karena air hujan. Sekitar pukul 15:00 WIB, kami dikumpulkan lagi oleh panitia untuk menerima materi tentang api, seperti kelas kebakaran dan cara mengatasi berbagai tingkat kebakaran oleh pemadam kebakaran. Karena kondisi masih hujan ringan, kami keluar menggunakan jas hujan.Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 17:30 dan berakhirlah materinya. Selanjutnya, kami diberi waktu untuk berganti pakaian, mandi serta berwudhu untuk shalat Magrib. Terus, kami makan semi-komando lagi dan sholat Isya (setelah makan). Lalu, kami ada 'free time' sampai pukul 20:50 WIB. Guys, inilah moment yang telah ditunggu-tunggu, yaitu acara api unggun. Pada acara ini, beberapa regu menampilkan kesenian yang telah mereka diskusikan beberapa jam yang lalu, tetapi tidak semua regu. Acaranya mungkin biasa saja atau mungkin 'sedikit' membosankan, tetapi juga bikin kita tetap terjaga (karena cahaya apinya) dan berakhir pukul 22:15 WIB. Kemudian, kami tidur di tenda masing-masing.

Keesokan harinya, kami bangun pukul 02:00 untuk melakukan acara jerit malam. Jerit malam adalah penjelajahan hutan di waktu malam. Karena acaranya malam - malam, setiap peserta harus memegang tali rapia pada regunya dan tidak boleh dilepas dengan tujuan untuk memastikan semua peserta tidak tersesat atau hilang. Kita disuruh membawa lilin per orang untuk nanti. Disini, kami bertemu 3 pos. Pos 1 berkaitan dengan sifat religius kita masing - masing. Pos 2 berkaitan dengan rasa patriotisme (rasa bela negara atau cinta tanah air). Pos 3 berkaitan dengan lilin tadi. Kita disuruh untuk membaca teks renungan pada pagi shubuh menggunakan lilin. O iya, kami menemukan kupu-kupu besar yang katanya bisa menyebabkan kulit menjadi gatal apabila menyentuhnya. Selanjutnya, kami sholat Shubuh pada pukul 04:50 WIB. Kemudian, kami diberi waktu luang sampai pukul 06:00 WIB. Lalu, kami senam pagi yang cukup membuat kami berkeringat dan dilanjutkan dengan makan semi-komando lagi pada pukul 07:10 WIB. Setelah selesai sarapan, saatnya Outbond :) . Outbond kali ini, hanya ada 3 permainannya, yaitu Moving Water, Robot-A, dan Human Bridge. Regu saya hanya mendapatkan kesempatan untuk bermain Human Bridge dan Robot-A. Cara bermain Human Bridge adalah seseorang harus berjalan di atas bambu yang berukuran sekitar 20 cm yang dipegang oleh 2 orang di ujungnya sampai garis akhir. Setelah itu, kedua orang itu pindah kedepan bersama bambunya sebagai pijakan lagi bagi yang berjalan diatas bambu. Kalau yang Berjalan di bambu tadi Jatuh, maka regu itu ulang dari awal. Cara bermain Robot-A adalah seseorang naik ke tongkat yang sudah diikat membentuk huruf A kapital dan digerakkan kurang lebih 8 orang menuju garis akhir. Nah, 8 orang itu dibagi menjadi 3, yaitu penggerak kanan, penggerak kiri, dan penahan. Tugas penahan adalah menarik tali penggerak ke belakang apabila si robot ingin jatuh ke depan. Selanjutnya, kami diberi waktu sampai pukul 10:00 WIB untuk bersih - bersih diri masing - masing, bersih - bersih tenda masing - masing dan packing barang pribadi. Lalu, kami dilantik sampai pukul 11:15 WIB. Setelah itu, kami berfoto bersama sampai pukul 11:25 WIB. Kemudian, kami berkeliling taman Mekarsari menggunakan kereta tur dan bus khusus untuk pengunjung. Terus, kami sholat Dzuhur dan makan siang biasa (tidak komando maupun semi-komando). Terakhir, kami menikmati kembali perjalanan menuju Labschool tercinta kita dan tiba pukul 15:20 WIB.

Kesan saya adalah sedikit seru, menantang ( karena sulit tidur :P ), lumayan membosankan dan memicu adrenalin (karena serangga yang baru dilihat saya yang beracun). Pesan saya adalah outbond-nya dilamain sedikit dan banyakin waktu luang  ^u^. Sekian dari saya. Tunggu artikel berikutnya yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar