Jumat, 17 Juni 2016

Pesantren Ramadhan 1437 H SMP Labschool Jakarta

Pesantren kali ini berlangsung selama 3 hari berturut - turut, yaitu Selasa (14/6), Rabu (15/6) dan Kamis (16/6). Acara ini dimulai pukul 09:00 WIB dan berakhir setelah shalat Ashar selesai. O iya, tema pesantren kali ini adalah "dekat dengan al-qur'an dan as-sunnah". Kita hanya disuruh membawa alat tulis dan al-qur'an saja. Pakaiannya adalah baju koko bebas dan bawahannya bebas asal sopan. Biaya per anak yang ikut pesantren tahun ini sebesar 400.000 rupiah jika yang mendaftar sampai di angka 50 anak. Ternyata, yang ikut pesantren kurang dari 50 anak (kalau gak salah 45 => Lk + Pr, kelas 7 & 8) sehingga biaya per anak gratis.

Di hari pertama, kami memulai acara pesantren ini dengan tadarus bersama selama 35 menit. Setelah itu, kami diberi kesempatan untuk shalat dhuha sampai pukul 09:50 WIB. Lalu, ada sambutan dari Pak Ali Chudori selaku kepala sekolah SMP Labschool Jakarta untuk membuka pesantren Ramadhan 1437 H yang berakhir pada pukul 10:00 WIB. Selanjutnya, kami mendengar ceramah dari Ustad Agus tentang puasa Ramadhan. Ini dia Sinopsisnya ( Pakai bahasa sendiri  :P )

"Agar puasa kita berbuah pahala, kita harus kuat melawan hawa nafsu (melihat milk-tea yang segar dan dingin, melihat burger double dengan extra keju dan biji wijen, melihat sesuatu yang maksiat, Dll). Ramadhan itu bulan dimana kita lebih 'fokus' untuk tidur daripada beribadah. Betul, tidak ?? Kunci sukses puasa itu harus ikhlas, meninggalkan pembatal puasa (muntah, makan & minum dengan sengaja, dll) dan meninggalkan pembuat puasa sia - sia (marah, bohong, dll)"

Kemudian, ada pembagian kelompok pesantren [dapet kelompok 3 dan mentornya bernama kak Dicky]. Pada pukul 11:55 WIB, kami melaksanakan shalat Dzuhur berjama'ah dan istirahat sampai pukul 13:10 WIB. Terus, kita belajar cara berwudhu yang benar serta praktik shalat sampai pukul 14:15 WIB. Selagi menunggu shalat Ashar, kami menikmati 'free time'. Setelah adzan berkumandang, kami pun langsung shalat Ashar berjama'ah (tepatnya pukul 15:20 WIB) dan selesailah hari pertama Pesantren.

Di hari kedua, kami memulai acara pesantren ini dengan tadarus masing-masing serta shalat dhuha sampai pukul 09:30 WIB. Lalu, ada pembukaan materi sampai pukul 11:50 WIB oleh bu Eri selaku guru agama Islam SMA Labschool Jakarta. Ini Dia Sinopsisnya ( Pakai Bahasa Sendiri [LAGI]  :v )

"Salam itu wajib dibalas. Al-Qur'an itu mukjizat Nabi Muhammad SAW. yang berisi akhlaq, fiqih, ilmu pengetahuan, Dll. Tujuan allah SWT. menurunkan Al-Qur'an adalah sebagai tuntunan hidup kita. Cara membaca al-Qur'an itu disebut ilmu tajwid. Hukum mempelajari ilmu tajwid itu sebenarnya adalah fardhu kifayah. Selain itu, Al-Qur'an berfungsi sebagai syafaat di akhirat. Salah satu hukum ilmu tajwid adalah hukum nun sukun dan tanwin yang terbagi menjadi 4, yaitu Izhar halqi, Idgham, Iqlab dan Ikhfa. Idgham Terbagi menjadi 2, yaitu Idgham bigunnah dan Idgham bilagunnah"

Selanjutnya, kami melaksanakan shalat Dzuhur berjama'ah dan istirahat sampai pukul 13:00 WIB. Kemudian, kami bermain games yang bertemakan Islam. Untuk bermain, kita membutuhkan alat tulis, selembar kertas, dan ilmu agama Islam. Pertama, tulis huruf  'A' kapital sebesar lembaran kertas kalian. Kedua, balik lembaran kertas yang tadi dan tulis huruf 'B' kapital sebesar lembaran kertas kalian. Ketiga, mentor kita akan menanyakan beberapa pertanyaan (pilihan ganda) dan kita harus menjawabnya menggunakan lembaran kertas yang tadi (A atau B). Keempat, yang salah harus keluar dari permainan dan yang benar harus melanjutkan permainan. Tidak lama kemudian, peraturannya diganti, kita menjawab menggunakan jari (Telunjuk atau Telunjuk-Jari Tengah) dan selesai pukul 13:50 WIB. Setelah itu, kami menonton sebuah film yang berjudul "alif lam mim" ( tetapi tidak selesai - dilanjutkan esok harinya [ternyata tidak sempat] ) sampai pukul 14:20 WIB. Terus, kita membaca al-qur'an bersama kelompok masing-masing sampai pukul 15:00 WIB dan tidak lupa, kami melaksanakan shalat Ashar berjamaah dan berakhirlah hari kedua pesantren.

Di hari terakhir, kami memulai acara pesantren ini dengan shalat dhuha dan tadarus masing-masing sambil mendengarkan lantunan ayat suci al-qur'an surat an-naba sampai surat an-naas (  nggak sampai an-naas juga sih  :v  ) sampai pukul 09:55 WIB. Lalu, ada pembukaan materi sampai pukul 10:15 WIB. Kemudian, kami mendapat materi dari bu Arini selaku guru agama Islam SMP Labschool Jakarta. Ini dia sinopsisnya (pakai bahasa sendiri [LAGI] :D  )

"Hidup itu cuma sekali. Generasi tua pasti akan digantikan oleh generasi muda. Generasi muda (pemuda) terkadang disegani dan dirindukan. Untuk menjadi pemuda yang disegani dan dirindukan, perlu lebih dari sekedar berprestasi sehingga berprestasi saja tidak cukup. Ciri-ciri pemuda yang disegani dan dirindukan antara lain beriman, ikhlas, visioner (memiliki prinsip hidup), bermimpi (harapan yang bisa kita raih), berani berkorban, berrprestasi (hasil yang kita raih setelah beran berkorban), berbakti kepada kedua orang tua dan bermanfaat bagi orang lain".

Setelah materi selesai, ada sesi tanya-jawab bersama narasumber yang sama sampai pukul 11:55 WIB. Selanjutnya, kami diberi 'free time' sampai pukul 13:20 WIB (tidak lupa shalat dzuhur *-*). Terus, kami disuruh menghafal beberapa ayat dari salah satu surat di juz 28 atau 29 sampai pukul 14:50 WIB. Selagi menunggu shalat Ashar, kami menikmati 'free time'. Setelah adzan berkumandang, kami pun langsung shalat Ashar berjama'ah (tepatnya pukul 15:20 WIB) dan selesailah hari terakhir Pesantren. Ketika kami sudah ingin bubar, kami 'ditahan' karena masih ada acara penyerahan sertifikat pesantren 1437 H. Setelah itu (BARU) kami bisa bebas.

2 komentar: